Ayam Tangkap H. Hasan, Hayeuë!

12 Februari 2019, saya berangkat dari Jakarta menuju Aceh dengan pesawat jadwal pagi pukul 07.45 WIB, sesampainya di Aceh sekitar pukul 11.00 WIB. Tiga jam di pesawat lumayan bikin sakit telinga sih, dan pastinya sangat membuat lafaaar...😋

Kurang lebih sekitar 25 menit dari Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh. Ada tempat makan yang menu-menu nya khas Aceh banget dan katanya rasanya sangat enak. Pas banget tuh kan, lagi laper-lapernya, terus mampir ke warung makan. Uhuy!

Nama warung makan yang saya kunjungi waktu itu adalah Warung Nasi H. Hasan 2. Desain tempat makannya unik, ada area duduk di kursi dan ada yang duduk lesehan. Untuk area yang duduk di kursi, tempat makannya macam rumah panggung gitu dan material dinding bangunannya dari kayu. Asri lah pokoknya. Begitupun area yang duduk lesehan, desain tempatnya dibuat kaya gazebo, atau orang sunda bilangnya 'saung'. Saya lupa foto tempatnya karena saking udah laper 😂

Menu makanan di Warung Nasi H. Hasan 2 ini variatif, ada udang panggang, ikan bakar, ikan goreng,  tumis-tumisan, serba serbi sambel, serba serbi minuman, dll. Cuman menu yang paling spesial menurut saya adalah Ayam Tangkap, Gulai Kambing, sama Es Timun Serut. Duh pokoknya paduan yang mantap banget dah! Dengan kondisi cuaca Aceh yang waktu itu lagi panas-panasnya, makan siang sama gulai kambing, plus minum nya Es Timun Serut, manknyoooss suegerrr! 😋😋

Ini dia foto gulai kambing nya 
Seperti yang tampak di foto, menu-menu nya banyak banget kan.. Hehe. Gulai kambingnya itu kuahnya seger, dan dagingnya itu gak alot. Enak lah, khas banget rasa rempah-rempahnya. Saya bisa bedain gulai kambing ini dengan gulai kambing yang di masak ibu dirumah, atau gulai kambing dari aqiqahan gitu. Kalau dari fotonya kayak kurang bagus ya? Ya, karena gulainya udah saya cicip kemudian barulah setelah itu di foto wkwk. Sekali lagi, saking lapernya 😆

Ayam Tangkap Warung Nasi H. Hasan
Ayam Tangkap, entah ya, kenapa namanya ayam tangkap. Mungkin karena prosesnya harus menangkap ayam dulu kali ya. 😀. Ayam Tangkap ini kalau dilihat dari bentuknya, seperti ayam muda atau ayam yang masih kanak-kanak. Dan ketika dimakan crispy banget rasanya. Tulang-tulang yang keringnya itu bisa kita kunyah juga. Selain itu, daun-daun hijau yang dipiring itu juga crispy dan rasanya enak plus unik, kaya ada aroma-aroma khas nya gitu deh. Kalau kata orang-orang sih itu namanya daun kari, katanya. Paduan yang pas deh pokoknya sama nasi anget.. nyamnyam 😋, kalau ngga, cuma digado juga enak, karena asin dari ayam nya itu pas, gak berlebihan.

Nah, kalau kamu berkunjung ke Aceh, sangat recommended  deh makan di Warung Nasi H. Hasan. Enak-enak deh pokoknya...  Hayeuë! 😋



Comments